4 Jenis dan Macam Merpati Hias Terpopuler di Wilayah Asia

Setidaknya terdapat 800 jenis merpati dan diantaranya terdapat sekitar 500 jenis merpati hias tersebar di berbagai wilayah di seluruh dunia. Di wilayah Asia sendiri, terdapat beberapa jenis keturunan merpati hias yang dikembangbiakkan karena bulunya yang indah, bentuk tubuhnya yang tidak biasa, hingga suaranya yang unik. Berikut adalah jenis merpati hias yang paling populer di wilayah Asia dan banyak dicari oleh para pecinta merpati hias.

Jenis dan Macam Merpati Hias

1. Merpati Kipas (Fantail)

4 Jenis dan Macam Merpati Hias Terpopuler di Wilayah Asia

Merpati kipas merupakan salah satu jenis merpati hias yang tertua dan terpopuler. Burung merpati ini memiliki ciri khas ekornya yang berbentuk menyerupai kipas ketika dikembangkan. Normalnya, ekor merpati kipas terdiri dari 30 hingga 40 helai bulu. Burung ini berasal dari wilayah India dan Pakistan, kemudian keturunannya juga banyak dijumpai di Cina, Spanyol, Inggris, dan Amerika. Charles Darwin dalam bukunya yang berjudul “On the Origin of Species” memperkenalkan beberapa sub-varietas merpati kipas diantaranya merpati kipas India (Indian Fantail), merpati kipas Inggris (English Fantal), dan merpati kipas Thailand (Thai Fantail), dimana tiap varietas memiliki ciri khas masing-masing.  

2. Merpati Frillback


Merpati Frillback merupakan merpati hias yang memiliki bulu yang keriting atau berumbai-rumbai di bagian sayap. Walaupun tidak diketahui secara pasti wilayah asalnya, namun merpati Frillback dipercaya berasal dari wilayah Asia Barat atau Eropa selatan. Peranakan merpati Frillback kini telah banyak dikembangbiakkan di wilayah Amerika dipelopori oleh Tom McCraig. Kualitas merpati Frillback paling tinggi dinilai dari bulunya yang keriting. Dimana dari total 100 poin, 50 poin diambil dari bulu keritingnya.

3. Merpati Jacobin


Merpati Jacobin sering disebut-sebut sebagai salah satu merpati hias paling fashionable karena penampilannya yang elegan. Hal ini dikarenakan merpati yang berasal dari India ini memiliki bulu-bulu panjang dibagian leher yang mengitari kepala seperti tudung yang dipakai oleh para pendeta Jacobin. Inilah mengapa jenis merpati ini dikenal dengan nama merpati Jacobin. Pada awalnya ukuran merpati Jacobin agak kecil, namun jenis peranakan yang sekarang banyak yang memiliki tubuh yang agak besar dan ramping. Jenis merpati ini terbilang memerlukan sedikit perhatian karena mereka cenderung makan sedikit.

4. Merpati Lahore


Merpati Lahore merupakan merpati hias yang berasal sesuai dengan namanya yaitu Lahore, Pakistan. Merpati Lahore dikenal dengan ukurannya yang besar yaitu tinggi 10.5 inci dan panjang 11.5 inci. Ciri khas dari merpati Lahore adalah bulu kakinya yang panjang sehingga tampak seperti menggunakan kaos kaki tebal. Bulu bagian bawah dari leher hingga ekor berwarna putih, sedangkan bagian atas dari kepala hingga sayap memiliki warna lain, umumnya abu-abu. Merpati ini juga dikenal sangat jinak sehingga mudah untuk dipelihara.
Mulai dari bulu di bagian ekor, sayap, kepala, hingga kaki, merpati hias di atas memiliki keindahan yang tidak ditemui pada jenis merpati lainnya. Lalu, dari 4 jenis merpati hias di atas, jenis manakah yang paling menarik perhatian Anda?