Cara Memilih Burung Dara Yang Berkualitas Baik

Cara memilih burung dara yang berkualitas memang memerlukan ketelitian dan tingkat pengalaman. Ada beberapa cara biasanya yang digunakan oleh para penghobi burung dara untuk memilih burung dara berkualitas baik. Didalam pemilihan burung dara yang berkualitas kita memerlukan beberapa referensi dari yang sudah berpengalaman guna mengurangi resiko mendapatkan burung berkualitas jelek

Cara Memilih Burung Dara Yang Berkualitas Baik

Cara Memilih Burung Dara Yang Berkualitas Baik 


- Dilihat dari bentuk kepalanya

Para master burung dara biasanya untuk menentukan bagus atau tidaknya burung tersebut dilihat dari bentuk kepala yang besar dan batok kepala depan lebih tinggi dari batok yang berada di belakang. Hal itu dikarenakan pada saat burung dara itu terbang menungkik kebawah dapat memaksimalkan kecepatannya. Dengan bentuk kepala seperti itu biasanya burung tersebut juga memiliki kecerdasan untuk mengingat tempat.

- Paruh

Pilihlah burung dara yang memiliki paruh lebih runcing, tetapi paruh tersebut jangan terlalu besar akan lebih baik apabila paruh itu runcing dan ramping. Selanjutaa perhatikan juga panjang dari paruh tersebut baiknya  paruh tidak terlalu panjang. Dari struktur paruh yang seperti itu kemampuan manuver dari burung dara tersebut akan jauh lebih baik ketimbang burung dara yang memiliki paruh besar dan tidak runcing.

- Warna mata

Fungsi dari mata amatlah berpengaruh sekali untuk burung dara. Akan tetapi pemilihan dari mata itu sangat mempengaruhi dari tingkat responsivenya mata pada saat bermanuver diatas. Pilihlah mata yang berwarna hitam pada pupilnya. Kenapa? Karena warna pupil tersebut sangatlah membantu burung tersebut dalam merespon cahaya yang ditangkap oleh mata tersebut. Pada saat terkena cahaya sinar matahari pupil tersebut akan mengecil dan apabila dikegelapan pupil akan membesar itu sebabnya warna hitam pekat pada pupil menjadi rekomendasi yang cukup baik ketika kita memilih burung dara dilihat dari warna matanya.

- Bentuk hidung

Dalam pemilihan burung dara yang baik. Para ahli juga memperhatikan dari bentuk hidung burung tersebut. Hal itu dikarenakan bentuk hidung burung sangat mempengaruhi dari tingkat kecepatan menentukan arah pulang atau bisa jadi dari bentuk tersebut kita mengetahui kecerdasannya. Yang pasti kita jangan memilih burung dengan bentuk hidung kecil dan menggembung. Karena dengan bentuk tersebut biasanya burung tersebut susah untuk menghapal jalan pulang cenderung bisa hilang.

- Struktur leher

Bentuk leher yang baik kita bisa lihat dari panjangnya. Jangan pilih leher yang terlalu panjang tapi kita lihat dari kuatnya leher tersebut pada saat burung dara itu mendongak ke atas. pada saat itu akan terlihat kuat dan kencang. Akan tetapi pada saat kondisi tidak mendongak akan terlihat kendur. Bentuk seperti ini biasanya mempengaruhi fleksibelnya gerakan dari burung itu.

- Dada

Carilah bentuk dada yang berbentuk V sewaktu kita melihat dari arah depan. Dan jangan memilih bentuk dada yang berbentuk O. Hal tersebut dikarenakan ketika burung tersebut memiliki bentuk dada V itu akan membantu burung dara saat menungkik kebawah atau bermanuver dari arah manapun.

Dengan tips di atas mudah-mudahan anda tidak akan salah dalam cara memilih burung dara yang berkualitas baik.