Cara Merawat dan Melatih Merpati Tinggian Yang Baik dan Benar

Cara merawat dan melatih merpati tentu sangatlah penting dilakukan bagi penggemar burung merpati. Hal ini agar burung merpati tetap terjaga kesehatan dan stamina terbangnya tetap stabil. Dengan perawatan dan pemeliharan yang baik, tidak menutup kemungkinan kelak merpati anda menjadi juara disetiap perlombaan burung merpati khususnya merpati tinggian.

Penggemar burung merpati disetiap wilayah tentu sangatlah banyak mulai dari penghobi jenis merpati tinggian, merpati kolongan, merpati hias. Tidak sedikit pula bagi mereka yang kurang begitu paham akan cara merawat dan memelihara merpati dengan baik agar cepat mengikuti lomba dan menjadi juara. Memiliki burung merpati juara/player tentu menjadi kebanggaan tersendiri disamping perjuangan dan kesabaran dalam melatih merpati tidaklah mudah.


Cara Merawat dan Melatih Merpati Tinggian Yang Baik dan Benar

Cara Merawat (Memelihara) Burung Merpati Tinggian 


Perawatan burung merpati tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Untuk cara merawat merpati sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut cara merawat merpati tinggian yang baik dan benar yang bisa anda praktikan.

1. Kebersihan Kandang.

Kandang merupakan tempat tinggal burung merpati untuk beristirahat ataupun mengengkrami telurnya. Dalam membuat kandang janganlah terlalu sempit, hal ini akan berdampak bulu merpati akan mudah rusak. Untuk menjaga kebersihan kandang, lakukan setiap seminggu sekali/setiap cabutan telur, hal ini bertujuan agar burung merpati tidak gampang sakit dan terhindar dari penyakit.

2. Asupan Pakan dan Minum.

Dalam memberikan pakan biasanya berupa jagung, beras merah dan kacang hijau. Pemberian pakan hendaknya dilakukan 1-2 x sehari dipagi dan sore hari. tak terkecuali merpati yang akan dilatih cukup berikan pakan diwaktu sore hari saja. Untuk minumnya bisa di beri asupan vitamin hal ini mempunyai tujuan untuk menghindari penyakit serta kutu pada bulu merpati yang paling disayangi.

3. Mandi dan Dijemur.

Dalam memandikan burung merpati lakukan setiap seminggu sekali atau setiap cabutan telur. Kemudian jemur merpati 1-3 jam dari jam 08.00 - 11.00 pagi. Jangan lupa sebelum dijemur beri vitamin Minyak Ikan terlebih dahulu tujuannya agar bulu merpati lebih kering dan halus sehingga dapat terbang secara maksimal.

4. Jamu

Dalam merawat dan memelihara burung merpati yang suka dilatih, pemberian jamu sangatlah penting. Hal ini agar burung merpati stamina terbang dan nafasnya tidak mudah capek dan lelah. Berikan asupan jamu merpati setiap kali cabutan telur dan sebelum disaat merpati di keesekokan harinya akan dilatih.

Cara Melatih Merpati Tinggian Agar Pintar dan Terbang Tinggi

Melatih merpati tinggian tidaklah mudah, diperlukan kesabaran dan keuletan yang tinggi agar burung merpati bisa cepat mengikuti lomba dan menjadi juara. Dalam melatih burung merpati tinggian terlebih dahulu lakukan jarak dekat 1-2 hari, hal ini bertujuan agar merpati lebih mudah mapan dan mengenali area kalang. Selanjutnya dari hari ke-3 anda bisa meminjam merpati milik teman yang sudah mapan dan terbang tinggi serta mudah turun dengan jarak setengah dari garis start. Cara ini bertujuan agar merpati anda cepat pintar dan siap untuk mengikuti lomba. Tidak hanya itu saja, dalam melatih merpati tinggian anda harus tahu selah atau karakter merpati yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan.

Itulah tips cara merawat dan melatih merpati tinggian yang benar. Setiap joki/penggemar merpati tentu mempunyai cara tersendiri dalam melatih merpati kesayangannya. Setidaknya cara ini bisa dijadikan bahan dalam melatih merpati biar cepat ikut lomba dan menjadi juara.