Inilah Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus Kualitas Jempolan

Bagaimana cara memilih merpati balap yang bagus? Burung merpati atau yang populer disebut burung dara sekarang ini banyak diternakkan. Baik untuk dimanfaatkan dagingnya atau untuk dipertandingan. Khusus untuk adu laga balap digunakan merpati balap berkualitas bagus yang tidak dipungkiri kini menjadi incaran bagi para penghobi burung. Pasalnya hanya merpati berkualitas yang sekiranya dapat menjuarai laga balap. Oleh karena itu, memilih merpati balap dengan kualitas jempolan adalah keharusan. Berikut cara mudah memilih burung merpati yang bagus:

Inilah Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus Kualitas Jempolan

Cara Memilih Merpati Balap Yang Cepat dan Bagus


·       Pilih Merpati dengan Paruh Kecil
Untuk merpati balap yang bagus, pilih yang memiliki paruh ukuran kecil atau sedang. Jadi jangan pilih merpati berparuh terlalu panjang. Gampangnya pilih dara balap dengan paruh mirip seperti paruh puter namun lebih pendek lagi.

·       Cermati Hidung
Cara memilih merpati balap yang bagus berikutnya dengan mencermati hidungnya. Pilih dara dengan puil hidung sedang, lubang hidung sedang, dan bersih. Syarat ini menjadi salah satu syarat wajib. Konon burung dara dengan hidung sedang dan bersih dapat terbang tinggi karena napasnya yang panjang.

·       Pilih Merpati Bermata Tajam
Burung dara dengan mata kecil, tajam dan pupil kecil bersih diyakini jago balap. Lebih rincinya pupil mata dara sebaiknya bulat kecil hitam legam, tidak pecah, dengan warna mata di luar pupil terang. Warna yang dimaksud bisa warna kuning, kombinasi kuning dan merah, atau kombinasi 3 warna yang dipercaya memiliki indra lebih tajam dengan mental pebalap yang dapat diandalkan. Mata merpati sebaiknya juga dapat zoom in ataupun zoom out seperlu melihat jarak dekat dan jauh.

·       Perhatikan Kepala Merpati Tidak Aerodinamis
Merpati balap yang jago memiliki kepala ukuran sedang, jenong, dan tidak aerodinamis. Dengan bentuk kepala tersebut merpati memiliki sifat akrobatik yang mampu melaju cepat dan turun cepat pula.

·       Pilih Merpati Leher Sedang Agar Fokus
Untuk leher pilih merpati dengan leher sedang sehingga ketika dipegang bisa terasa kuat atau kencang. Dalam cara memilih merpati balap yang bagus hindari memilih merpati leher panjang karena cenderung menengok ke kanan dan kiri saat terbang alias kurang fokus.

·       Pilih Merpati Dada Tegap
Pilih burung merpati dengan dada gagah dan membusung tegap. Burung merpati dengan dada tegap biasanya memiliki tulang keras namun otot atau dagingnya tebal dan kenyal. Sementara bagian kulit lumayan tipis sehingga terlihat macho saat berdiri.

·       Badan Sedang
Agar bisa diajak adu balap, pilih merpati dengan badan sedang, bulat, berisi, dan saat dipegang terasa lentur mirip bola karet. Merpati balap yang sudah terlatih umumnya bulu di badannya terasa halus dan kempes seperti kapas.

·       Bulu Sayap Tebal
Merpati balap yang jago terbang juga memiliki bulu sayap tebal dan halus bila dipegang dengan tulang bulu kuat. Bulu sayap terlihat rapat, panjang. dan lentur dimana dibagian ujung lebih runcing.

·       Ekor Menurun
Merpati balap yang bagus memiliki ekor berbulu tebal, rapat, dan lentur. Ukuran ekor sedang dan bila dipegang otomatis turun ke bawah yang menunjukkan merpati bisa terbang ke atas sampai ketinggian ideal.

·       Kaki Bersih
Pilih warna kaki merah merona bersisik kering bersih. Tentunya dengan kuku yang bersih pula. Dengan mengikuti cara memilih merpati balap ini pastinya Anda mendapatkan merpati balap jepolan.