Mengenal Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus dan Berkualitas

Ciri-ciri burung dara yang bagus sebenarnya mudah dikenali dari kondisi fisiknya. Memilih merpati berkualitas adalah kebutuhan. Karenanya, bagi Anda penggemar burung merpati mesti tahu apa saja ciri fisik merpati yang bagus berikut ini:

Mengenal Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus dan Berkualitas

Ciri-Ciri Burung Dara Yang Bagus dan Berkualitas

·       Bentuk Kepala
Merpati bagus memiliki kepala besar dengan batok kepala depan lebih tinggi. Terutama merpati yang memiliki bentuk kepala dengan kemiringan 45-60 derajat. Konon merpati tersebut amat bagus saat turun dari arah mana saja. Pada umumnya merpati dengan ciri bentuk kepala demikian juga lebih cerdas khususnya dalam hal mengingat.

·       Bentuk Paruh
Ciri-ciri burung dara bagus selanjutnya memiliki bentuk paruh runcing di bagian ujungnya. Ukuran paruh juga tidak besar atau panjang.

·       Mata Dara
Mata adalah senjata utama seperlu menentukan gerakan. Dara yang bagus memiliki pupil mata yang responsive terhadap rangsangan cahaya. Hal ini bisa Anda ketahui dari respon mata yang cepat membesar atau mengecil saat mendapati adanya perubahan cahaya. Sementara untuk warna mata, dara yang bagus memiliki 2 warna mata misalnya perpaduan kuning muda dengan kuning tua, atau merah tua dengan hijau tua. Ciri ini bisa Anda amati dengan melihat mata burung di tempat teduh.

·       Hidung
Ukuran hidung juga berpengaruh. Pasalnya hidung menjadi salah satu indera untuk menentukan jalan. Dara yang bagus memiliki puil hidung dan lubang hidung sedang.

·       Leher
Burung dara yang bagus mempunyai ciri-ciri burung dara dengan leher kuat, tidak terlalu panjang, dan tulang leher juga tegak kuat. Ciri gampangnya panjang tulang leher lebih pendek dibanding tulang dada.

·       Sayap
Sayap dara berpengaruh pada kualitas terbangnya. Sayap yang baik yaitu yang kuat dan lentur. Sementara bulunya rapat dan runcing di bagian ujung.

·       Dada dan Tulang Dada
Dara dengan dada V lebih bagus bila dilihat dari depan. Dengan bentuk dada demikian, saat turun burung bisa melaju kencang dari arah mana saja. Sementara untuk tulang dada lebih baik pilih yang lebih panjang dibanding jari telunjung orang dewasa.

·       Sapit Udang
Bentuk sapit udang berpengarung pada kualitas turun dara. Sapit udang rapat membuat burung dara turun pelan-pelan. Sapit udang ukuran sedang menunjukkan burung akan bergoyang saat turun. Sedangkan ukuran sapit udang lebih dari 1 cm biasanya lebih stabil dan tidak bergoyang.

·       Brutu
Ukuran brutu berpengaruh pada kinerja organ. Brutu yang berjarak renggang menunjukkan dara tidak memiliki keseimbangan yang baik. Dengan brutu seperti itu kecepatan turunnya juga terbilang lambat. Adapun dara yang bagus memiliki brutu atau pinggang berjarak rapat, baik kecil atau besar. Dengan brutu yang rapat cenderung stabil dan tidak bergoyang saat turun.

·       Ekor
Burung dara yang bagus memiliki bulu ekor rapat, tebal, dan panjang. Bila dipegang otomatis ekor akan turun mengarah ke bawah.

·       Kaki
Idealnya dara mempunyai kaki merit, terlihat bersisik, dan panjang. Bila dipegang kaki dara terlihat menjorok sejajar kebelakang dengan arah ekor, maka menunjukkan ciri-ciri burung dara yang bagus.