Meracik Jamu Merpati Balap dan Tinggian Sendiri

Jamu merpati balap dan tinggian dibutuhkan sebagai suplemen tambahan. Burung merpati merupakan salah satu burung yang bisa diadu ketangkasan terbangnya atau balap. Hanya saja burung merpati yang terus-menerus diadu pastinya akan kelelahan dan kehabisan stamina. Bila sedang latihan merpati mungkin bisa diistirahatkan, tetapi saat lomba bisa jadi tidak ada waktu istirahat lagi. Karenanya burung mesti bekerja terus meski otot sudah lelah. Sebagai siasat agar stamina merpati tetap terjaga yaitu dengan melatih fisik secara teratur dan memberikan racikan jamu yang dibuat sendiri.

Latihan fisik dibutuhkan karena kondisi merpati menjadi pondasi utama seperlu membentuk stamina kuat. Namun, latihan fisik saja belum cukup. Itulah mengapa dibutuhkan pula memberi jamu yang berfungsi sebagai pendongkrak dan penambah daya tahan stamina merpati. Konon dengan racikan yang pas burung merpati yang semula dapat menempuh jarak 1 km dengan kecepatan maksimal 110 km per jam sebanyak 3 kali, maka dengan pemberian jamu stamina akan didongkar akar mampu terang sampai 4-6 kali.

Meracik Jamu Merpati Balap dan Tinggian Sendiri

Resep Racikan Jamu Merpati Balap dan Tinggian

Cara Membuat jamu merpati balap dan tinggian tidak sulit. Anda malah bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Berikut resepnya.
Bahan
3 butir telur ayam kampung atau telur bebek
10 sdm madu murni
10 sdm kunyit yang sudah dihaluskan
5 sdm kencur yang sudah dihaluskan
1 ujung jempol temu junci
5 buah ubi rumput teki
sarang burung walet (opsional bila ada saja)

Cara Meracik Jamu Merpati Balap dan Tinggian.

1.   Campur kuning telur ayam kampung dengan madu murni, aduk sampai bercampur rata dan kental. (Bila kuning telur tidak mengental, Anda patut waspada bisa jadi madu bukan madu murni)
2.   Bakar temu kunci lalu parut atau tumbuk sampai halus.
3.   Tambahkan kunyit, kencur, dan umbi rumput teki.
4. Campurkan semua bahan dengan adonan kuning telur dan madu, aduk sampai bercampur rata dan kental.
5.   Jemur adonan di bawah terik matahari sampai setengah kering.
6.   Bentuk adonan yang setengah kering menjadi butiran pil kecil, lalu jemur lagi.
7.   Saat merpati balap dan tinggian latihan, berikan 2-3 butir tiap malam dan dalam kondisi istirahat.

Burung merpati balap dan tinggian kualitas juara tidak semata-mata mengandalkan keturunan darah juara. Tidak pula cukup dengan latihan rutin. Latihan rutin belumnya cukup bila tidak disertai dengan perawatan tepat.

Perawatan tepat seperlu menunjang stamina merpati balap dan tinggian yaitu dengan memberikan ramuan jamu khusus. Jamu dibuat agar kondisi merpati selalu fit dan bugar. Sehingga merpati selalu bisa diandalkan saat pertandingan baik adi balap ataupun tinggian. Tentu resep racikan jamu merpati balap dan tinggian di atas mudah dicoba sendiri di rumah.