Tips Cara Mengobati Burung Merpati Yang Sakit

Bagi para penggemar burung merpati, terutama bagi mereka yang pernah memeliharanya tentu sangat mengetahui jika hewan peliharaannya sakit sehingga harus diketahui cara mengobati merpati sakit tersebut. Dalam memelihara burung merpati dibutuhkan keseriusan yang tinggi, hal ini berguna agar merpati kesayangan tidak mudah terkena penyakit. Bagi anda yang merpatinya kurang sehat, berikut tips cara mengobati burung merpati yang sakit :

Tips Cara Mengobati Burung Merpati Yang Sakit

Tanda-tanda Burung Merpati sedang Sakit

Untuk mengetahui merpati sakit dapat dilihat dari berbagai tanda diantaranya melalui berikut ini;

1.     Perubahan Pada Bulu Merpati

Bulu merpati yang sedang sakit biasanya akan mengalami kerusakan seperti misalnya menjadi tidak rapi atau acak-acakan, bentuk bulu menjadi melengkung, tiap helai bulu tidak lengkap dan yang lebih parah adalah rontoknya bulu dari tubuhnya. Selain itu juga terdapat kusam, bercak pada bulu dan perubahan pada warnanya seperti memudar.

2.     Perubahan Pada Kotoran

Biasanya warna feces pada burung hanya akan berubah sesuai dengan makanannya, tetapi jika feces berubah tanpa ada perubahan makanan, maka dapat dipastikan jika merpati sedang sakit. Feces yang menandakan merpati sakit juga bisa ditandai dengan lembek karena diare, mengeras karena sembelit, dan pakan yang tidak tercerna. Urine juga terjadi perubahan pada warnanya.

3.     Perubahan Pada Pola Makan atau Minum

Adanya peningkatan atau penurunan makan dengan drastis, konsumsi air minum yang meningkat, muntah, dan badan terlihat mengurus.

Jenis Penyakit Umum pada Merpati dan Cara Mengobatinya

Jenis-jenis penyakit yang umumnya sering diderita oleh burung merpati, diantaranya;

●      Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Burung merpati yang terserang penyakit karena virus akan sulit jika disembuhkan oleh anti-biotik sehingga harus dicegah sebelumnya oleh vaksinasi. Mengatasi virus pada tubuh hanya dapat ditangkal oleh daya tahan tubuh merpati sehingga virus tidak akan berkembang lebih jauh lagi. Akan tetapi, jika terlanjur terkena virus, maka dapat menggunakan anti-biotik seperti Amoxyline atau Baytril yang bertujuan mencegah infeksi pada merpati. Selain itu, untuk membantu proses penyembuhan diperlukan kebersihan kandang, makanan yang berprotein. Jenis penyakit karena virus yang paling umum ditemukan pada merpati adalah cacar atau Pigeon Pox meskipun banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus.

●      Penyakit Gangguan Pernapasan

Disebabkan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri E. Coli, dan tak jarang juga karena virus. Jika tidak cepat disembuhkan, maka akan menyebabkan kematian pada merpati. Jenis penyakit ini juga dapat menular sehingga jika salah satu terkena, maka harus dipisahkan dari lainnya. Lingkungan kurang bersih dan mencemari makanan-minuman merpati tetap menjadi faktor utama terjadinya penyakit ini.

Merpati yang sakit secara umum disebabkan karena masalah perawatan yang kurang bagus, sehingga merpati merasa berada di lingkungan yang buruk untuknya karena sangkarnya yang kurang sehat atau kotor. Oleh karena itu, selain mengetahui cara mengobati merpati sakit, mencegah adalah hal yang paling penting untuk dilakukan.