Tips dan Cara Memilih Burung Merpati Tinggian Yang Bagus

Tips dan Cara Memilih Burung Merpati Tinggian - Bagi penggemar burung merpati tinggian tentulah sangat penting memilih jenis burung merpati tinggian yang berkualitas bagus. Hal ini agar burung merpati tidak capek dilatih dan cepat dalam mengikuti lomba. Ciri – ciri merpati tinggian yang bagus sudah jadi bahan perbincangan classic yang bisa disebutkan bakalan tidak ada ujungnya namun sudah pasti begitu mengasyikkan untuk di diskusikan berbarengan dengan sesama hobi merpati tinggian. Tiap-tiap penghobi merpati tinggian bisa di pastikan memiliki pengalaman serta gagasannya masing – masing tentang ciri fisik merpati tinggian yang baik dan bagus. 


Tips Memilih Burung Merpati Tinggian Yang Berkualitas


Dalam memilih burung merpati tinggian yang bagus hendaknya anda perhatikan tips berikut ini agar tidak salah dalam memilih merpati tinggian yang berkualitas bagus untuk anda jadikan merpati player.

Ciri - ciri Burung Merpati Tinggian Yang Bagus

- Bentuk paruh 
Tentukan paruh merpati yang berupa merit atau runcing pada ujungnya, tidaklah terlalu besar & tidaklah terlalu panjang. Tentukan yang memiliki panjang dari ujung hidung hingga ujung paruh berjarak sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung hingga batok kepala depan paling atas. 

- Bentuk Kepala 
Tentukan merpati yang memiliki kepala besar serta dengan batok kepala depan lebih tinggi dari batok kepala belakang. Bila merpati mempunyai derajat kemiringan 90 umumnya bentuk kepala seperti ini dipunyai oleh merpati yang bagus untuk turun atas kepala atau tengah (arah jam 12. 00). Tidak sama lagi dengan bentuk kepala yang memiliki kemiringan 45-60, umumnya type kepala seperti ini bakal bagus untuk turun dari arah manapun. Tentukan juga bentuk kepala atau raut muka terlihat galak seperti burung rajawali. 

- Tubuh 
Bentuk tubuh merpati tentukan yang seperti jantung pisang atau huruf v, bentuk seperti tersebut yang bagus. Umumnya dengan bentuk ini tidak sering ngejepat. Dengan postur ini umumnya bakal turun begitu kencang dari arah manapun. Tubuhnya bila dipegang empuk serta enteng, burung seperti ini umumnya bakal terbang tinggi. 

- Sapit Udang/Supitan 
Sapit udang mesti tidak tipis serta keras namun jangan pernah rapat sekali, lantaran ketebalan serta kuatnya sapit udang juga mempengaruhi turunnya merpati.

- Sayap 
Bahu sayap merpati mesti kuat serta lentur atau janganlah kaku, bahu sayap kanan kiri tidak tipis serta seimbang. Untuk bentuk dapat beragam, ada yg tidak tipis bulat, pendek berotot. ada pula yg berupa pipih, lebar berotot. Tulang bulu sayap/sodonan kaku serta kering, besar, kuat, sedikit lentur pada ujung bulunya. Sayap rajin (bila di buka sayapnya tak ada celah). Serta tentukan juga yg mempunyai sayap sedikit tampak mekongkong waktu dipegang. janganlah yg mempunyai sayap merapat ke tubuh, lantaran kwalitas turunnya semakin lebih kencang yg memiliki sayap agak mekongkong. 

- Kaki 
Tentukan kaki yang kering atau tampak mbesisik serta panjang (baik kaki ataupun jarinya). Waktu dipegang posisi kaki menjorok/mendorong kebelakang sejajar dengan arah ekor.

- Ekor 
Pastikan burung yang memiliki bulu ekor rapat, tidak tipis serta panjang. Tidak tipis di sini mesti sesuai dg pegangan burung, untuk kandungan ketebalan bulu ekor bakal tidak sama dari pegangan seperti padat, empuk/ngapuk, keras. Bulu ekor nya menghimpit kebawah waktu burung dipegang dengan posisi seperti bakal ditegakan ini satu diantara sinyal burung tinggi yang baik. 

- Mata 
Tentukan mata merpati yang kering serta jernih seperti kaca didalamnya, yang memiliki pupil atau bijih mata berwarna hitam pekat serta responsif pada sinar atau titik hitam. bila terkena cahaya atau saat keket/giring mengecil serta jadi membesar. Cermati kalau mata ini satu diantara aspek yang perlu di perhatikan waktu pilih merpati. 


Itulah ciri merpati tinggian yang bagus dan bisa anda jadikan refererensi nantinya jika dalam membeli dan memilih player merpati untuk mengikuti lomba agar menjadi juara.