Cara Merawat Burung Merpati Balap Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Cara merawat burung merpati yang digunakan untuk balap merupakan salah satu hal yang sangat penting karena burung merpati balap membutuhkan stamina yang kuat. Dan untuk cara merawat merpati tersebut juga tidak dilihat dari segi makanan dan juga perawatan dari burung merpati itu sendiri, tetapi juga dilihat dari bagaimana cara Anda untuk melatihnya juga. Burung merpati tersebut juga merupakan jenis burung yang bisa digunakan untuk balap dan hal tersebut dapat menjinakan merpati. 

Untuk merawat burung jenis merpati juga mudah – mudah susah, tetapi juga harus berhati – hati dan jangan berlebihan. Burung merpati jenis balap sendiri memang memiliki kemampuan khusus seperti terbang dengan lebih tinggi jika dibandingkan dengan burung merpati biasa. Dengan demikian cara perawatannya juga berbeda, dan berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat burung merpati balap:

Cara Merawat Burung Merpati Balap Yang Baik dan Benar Bagi Pemula


Cara Merawat Burung Merpati Balap Yang Baik dan Benar 



Memberikan Makanan


Yang pertama adalah pemberian makanan, sebagian besar peternak merpati hanya memberikan satu jenis pakan biji – bijian, misalnya seperti jagung saja, kemudian kedelai saja ataupun yang lainnya. tetapi menurut survey, pelomba burung merpati memiliki tips tersendiri di dalam memberikan asupan makanan pada merpatinya, yaitu dengan memberikan jagung, beras merah, gabah, beras putih, beras ketan, kacang tanah dan yang lainnya. Hal tersebut karena asupan makanan yang dikonsumsi oleh burung merpati berdampak pada kesehatan dari merpati itu sendiri sehingga gizi dan nutrisi yang didapat harus seimbang jika ingin merpati sehat.

Memberikan Vitamin


Kemudian yang kedua adalah memberikan vitamin secara teratur, burung merpati juga bisa terserang suatu penyakit dan terdapat 3 faktor yang bisa mempengaruhinya seperti vitamin, stress dan juga kebersihan. Dan untuk bisa mendapatkan vitamin untuk burung merpati terdapat beberapa variasi seperti vitamin sintetis dan juga alami. Namun ada baiknya jika Anda memberikan vitamin yang alami yaitu dengan telur bebek. Dan caranya adalah dengan ceplok telur bebek serta ambil kuning telurnya saja, kemudian campurkan dengan madu asli lalu tambahkan minyak ikan dan juga vitamin A, B dan juga C. Setelah itu aduk dan berikan pada burung merpati tersebut.Pemberian vitamin sendiri hanya 2 kali dalam 1 minggu.


Menjaga Kebersihan


Lalu yang ketiga Anda juga perlu memperhatikan kebersihan dari burung merpati itu sendiri, perhatikan kebersihan dari burung maupun kandangnya. Cara membersihkannya sendiri juga sangat mudah yaitu dengan membersihkan kotorannya setiap hari dan setiap 2 minggu sekali berikan desinfektan, vaksin ataupun obat penyemprot kandang.

Melatih Burung Merpati


Selain itu Anda juga perlu merawat burung merpati balap dari segi latihannya, caranya sendiri adalah melatihnya untuk terbang dengan jarak 1 sampai 2 meter setelah terbiasa, maka bisa dipanjangkan sampai dengan 30 meter. Untuk memancingnya adalah dengan memegangi burung jantan dan naik turunkan, hal tersebut untuk membiasakan agar burung jantun tidak malas ke betina dan lakukan secara bertahap dalam cara merawat burung merpati balap.