4 Ciri-ciri Merpati Tinggian Stut Kencang Berkualitas Juara

Ciri-ciri merpati tingggian stut kencang yang berkualitas tinggi dan selalu juara bisa dilihat dari bentuk fisik dan juga caranya terbang. Burung merpati tinggian adalah jenis burung merpati yang banyak dilombakan untuk dilihat cara terbangnya yang bisa tepat sasaran. Beda dengan kontes burung lainnya yang kebanyakan dinilai dari bentuk dan warna bulunya yang indah serta suaranya yang merdu. 

Burung merpati tinggian yang bisa menjadi juara adalah burung yang memiliki kemampuan untuk terbang kemudian mendarat di tempat yang telah disediakan saat perlombaan. Kemampuan ini memang bisa dilatih, namun tentu dengan bibit juara akan semakin meningkatkan kemampuannya untuk terbang dengan baik. Berikut adalah ciri ciri merpati tinggian stut kencang sebagai referensi untuk Anda mencari calon burung juara.

4 Ciri-ciri Merpati Tinggian Stut Kencang Berkualitas Juara

Ciri-ciri Merpati Tinggian Stut Kencang 


1. Ukuran kepala besar


Ukuran kepala burung merpati tinggian stut kencang yang berkualitas juara ukurannya besar dan nonong alias batok kepala depan lebih tinggi dibandingkan batok kepala belakang. Ukuran kepala ini sangat menentukan kemampuan burung merpati tinggian karena bentuk kepala ideal seperti itu membuatnya mampu untuk turun dengan jarak kemiringan hingga 90 derajat. Paruh burung merpati yang bagus juga memiliki bentuk yang ramping dan panjang serta tidak terlalu besar yang mempengaruhi gerakan aerodinamisnya.

2. Mata yang jernih


Ciri ciri merpati tinggian stut kencang selanjutnya adalah memiliki mata yang kering dan jernih. Pupilnya berwarna hitam pekat dan peka terhadap cahaya. Pupil burung akan membesar apabila berada di ruangan yang gelap dan akan mengecil jika sekelilingnya terang benderang. Burung dengan ciri mata seperti akan memiliki kemampuan penglihatan yang baik.

3. Bentuk fisik


Bentuk fisik dari merpati yang bagus bisa dillihat dari lehernya yang panjang dan juga tegap. Tulang-tulangnya juga terlihat kuat. Secara keseluruhan bentuk tubuh merpati tinggian yang baik membentuk seperti jantung pohon pisang atau seperti huruf V sehingga dadanya terlihat membusung dan naik. Bahunya terlihat lentur tapi punya tulang yang kuat. Bahu pada burung merpati akan menentukan kekuatan sayapnya dan juga cara terbangnya sehingga harus terlihat seimbang dan proporsional antara sisi kanan dan kirinya.

4. Tulang ekor yang rapat


Agar bisa mendarat dengan baik, burung merpati harus punya tulang ekor yang rapat karena berfungsi sebagai pengereman. Untuk melihat tulang burung merpati yang kuat, Anda bisa melihat dari tulang supitnya. Semakin keras tulang supit maka semakin kuat tulang-tulang pada burung tersebut. Karena itulah lebih banyak digunakan merpati jantan untuk perlombaan karena tulang supit merpati betina lebih lunak dibandingkan merpati jantan. Ciri yang terakhir adalah kaki yang panjang serta bersisik. Apabila burung merpati dipegang maka secara otomatis kaki tersebut akan terdorong ke belakang dan sejajar dengan ekornya. Itulah dia beberapa spesifikasi fisik yang bisa Anda lihat dari ciri ciri merpati tinggian stut kencang