Tips Cara Menjodohkan Merpati Yang Belum Jodoh Dengan Cepat

Cara Menjodohkan Merpati - Burung merpati sering kali dijadikan sebuah lambang atau simbol kesetian cinta manusia. Burung ini memang merupakan burung yang paling setia terhadap pasangannya. Ada banyak orang yang menggemari burung merpati tersebut, mulai dari anak muda hingga orang-orang tua. Biasanya burung merpati juga sering kali diadakan lomba untuk mengetes tingkat kesetiannya terhadap pasangannya. 

Bagi pemula, ketika hendak memainkan burung merpati, tentu saja ada tahap awal yang harus mereka lalui terlebih dahulu sebelum akhirnya membawa merpati tersebut ke lapangan permainan. Meski merupakan suatu permulaan, akan tetapi aktivitas ini merupakan sebuah tahap awal yang begitu penting dan sangat menjadi penentu burung merpati ketika dimainkan. Proses atau tahapan tersebut berupa menjodohkan merpati, ya tentu saja sebelum dimainkan tentunya merpati tersebut harus berjodoh. 

Tips Cara Menjodohkan Merpati Yang Belum Jodoh Dengan Cepat

Bagi pemula mungkin tahapan seperti ini cenderung sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda hanya perlu memacu tingkat kesabaran lebih tinggi lagi, kemudian perlakukan hal ini dengan rajin dan efektif supaya bisa membuahkan hasil yang sesuai keinginan. 

Disini kami akan memberikan anda tips dan cara untuk dapat menjodohkan merpati khususnya bagi para pemula. Pada dasarnya, burung merpati ini akan berjodoh dengan sendirinya, namun dengan catatan ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu, apa saja itu? tentu saja adalah asumsi makanan yang cukup serta ruang lingkungan yang memadai dan baik untuk perkembangan burung merpati tersebut. 

Syarat-syarat diatas ini terbilang cukup mudah dan bisa anda lakukan bahkan untuk setiap pemilik burung merpati. Nah bagi anda yang sudah melengkapi persyaratan yang diberikan diatas, selanjutnya anda tinggal menunggu saja sampai burung merpati bisa berjodoh dengan sendirinya, perjodohan secara alami pada burung merpati ini hanya menunggu kesabaran serta perawatan yang baik dari pemiliknya. 

Akan tetapi, hal berbeda bisa saja anda lakukan jika mungkin anda membutuhkan waktu yang cepat untuk dapat menjodohkan burung merpati. Karena memang dapat diakui apabila menggunakan cara alami untuk dapat menjodohkan burung merpati tentu anda membutuhkan rentan waktu yang cukup lama karena kita harus menunggu sampai merpati tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan baru serta merpati betinanya. Namun untuk dapat mempercepat perjodohan merpati ini, maka ada cara-cara tertentu yang perlu dilakukan. 

Cara Menjodohkan Burung Merpati Agar Cepat Giring Keras

1. Pertama anda perlu mempersiapkan burung merpati yang hendak dijodohkan tersebut, paling tidak anda pisahkan saja merpati jantan dan betina selama tiga hari, berilah makanan yang cukup serta lingkungan yang baik, anda juga rajin menjemurnya setiap pagi hari. Pemisahan seperti ini untuk dapat memancing birahi burung merpati supaya bisa keluar, menjemur merpati gunanya untuk dapat merangsang hormon yang dibutuhkan merpati, kurung di kandang yang tidak kecil.

2. Siapkan merpati betina yang lenjeh artinya yang siap untuk dikawinkan. Apabila merpati jantan bekur, maka burung merpati betina akan mengangguk-anggukkan kepalanya itu berarti mereka dalam keadaan siap kawin, supaya merpati betinanya lebih lenjeh, anda perlu memisahkan dengan merpati lainnya dalam kurun waktu tiga hari dan beri asupan makanan yang cukup. 

3. Perlu diperhatikan bahwa umur merpati yang siap untuk dikawinkan atau dijodohkan adalah antara 3 sampai 4 bulanan baik itu merpati betina ataupun jantan. Anda juga tidak boleh menjodohkan merpati yang masih belum siap kawin karena hal ini tentu saja akan memperlambat proses perjodohan merpati yang hendak dilakukan.

Selanjutnya kita masuk dalam tahap perjodohan merpati. Apabila merpati sudah siap kawin, anda perlu mempersiapkan kandang yang cukup luas untuk proses perkawinan mereka, siapkan pula air, ember, shampo dan lain-lain. Selanjutnya adalah menjodohkan merpati :

1. Anda perlu memandikan merpati tersebut di tengah panas matahari, satukan kedua merpati jantan dan betina dalam satu kandang yang berukuran besar sambil dijemur, berilah jagung sedikit. 

2. Tunggulah dulu 3 sampai 4 jam lamanya, apabil sudah siap jodoh, maka merpati akan langsung kain, jika sudah kawin itu berarti merpati sudah berjodoh. 

3. Masukkanlah merpati dalam kandangnya secara bersamaan. Tinggalkan mereka berdua dalam kandang, perhatikan dulu, apabila tingkah merpati masih galak anda boleh memisahkan dulu. Namun bisa pula anda biarkan. Apabila merpati sudah bisa tidur bersama tunggulah beberapa hari mereka akan kwin dan sudah berjodoh. jadi itulah cara menjodohkan merpati yang mudah dilakukan.