Olahan Makanan Burung Merpati Supaya Bisa Cepat Bertelur

Olahan Makanan Burung Merpati Supaya Bisa Cepat Bertelur - Bagi para penggemar burung merpati pasti akan melakukan berbagai cara supaya burung merpati mereka tetap hidup sehat dan juga bertelur. Namun dalam beberapa kasus, sering kali ditemukan burung merpati yang tidak bertelur. Hal ini tentu saja mengecewakan pemiliknya, apalagi jika pemilik merasa sudah melakukan perawatan secara maksimal namun merpati tersebut tidak juga bertelur. 

Olahan Makanan Burung Merpati Supaya Bisa Cepat Bertelur

Pada umumnya, merpati betina yang tidak bertelur bisa jadi karena ada masalah pada merpati betina tersebut atau masalah bisa jadi pada merpati jantan. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi merpati tidak kunjung bertelur adalah karena faktor lingkungan yang menjadi masalah utamanya. Biasanya, merpati yang baru didapatkan kemudian dijodohkan bisa dengan mudah berjodoh, hanya butuh waktu kurang dari satu minggu saja, maka merpati betina dan merpati jantan sudah bisa berjodoh. Sehingga jika merpati sudah berjodoh maka langkah selanjutnya sebagai perawatan kita harus memberikan kandang yang nyaman supaya merpati bisa betah.

Sudah sering kita ketahui bahwa para penggemar merpati biasanya melakukan perlombaan pada merpati mereka, bahkan even lomba merpati seperti ini berlaku di Indonesia untuk beberapa periode dan melibatkan perlombaan tingkat nasional. Oleh karenanya, merpati harus cepat bertelur sehingga bisa mengikuti lomba, entah itu berupa lomba balap merpati atau lomba ketinggian merpatinya. 

Merpati yang memiliki siklus bertelur secara teratur bisa memudahkan pemiliknya untuk mengetahui kapan waktu giring keket serta waktu merpati tersebut akan bertelur. Sehingga bisa memberikan waktu kepada merpati kapan akan dilombakan, dan tidak terbentrok ketika burung merpati tersebut akan bertelur. Perlombaan merpati cukup seru diikuti oleh para penggemarnya.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang penyebab merpati tidak bertelur dan bagaimana solusi untuk menanggulanginya. Salah satu permasalahan yang harus kita tuntaskan adalah memilih pakan yang tepat untuk merpati, merpati yang susah bertelur hendaknya diperhatikan pakatnnya sehingga bisa mendorong merpati tersebut bertelur. 

Untuk membuat merpati betina tersebut cepat bertelur caranya adalah kita harus memberikan makanan atau pakan yang ekstra. Hal ini bisa mendorong tingkat kecepatan burung merpati supaya bisa bertelur. Makanan yang bisa diberikan biasanya merupakan campuran pakan dengan cangkang telor, bahan makanan ini bisa dicari dengan mudah salah satunya pada tempat jual martabak atau nasi goreng yang notabanenya menggunakan telur. 

Cangkangnya kemudian dikeringkan dulu, usahakan menggunakan cangkang telur bebek supaya hasil lebih maksimal. Cara mengeringkan cangkang tentu dengan cara dijemur, kemudian ditumbuk atau dihaluskan namun tidak perlu terlalu halus. Dicampurkan dengan asinan burung atau asinan tulang cumi yang banyak dijual di tempat jualan pakan burung, haluskan asinan tersebut bersamaan dengan cangkang telur, kemudian aduk campuran tersebut untuk disajikan sebagai pakan burung merpati supaya bisa cepat bertelur.